Tips Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat Sendiri di Rumah

tips mengatasi saluran air tersumbat

Salah satu masalah yang cukup besar yang biasanya akan terjadi dalam rumah tangga adalah masalah saluran air yang tersumbat.

Saluran air yang tersumbat tidak hanya akan membuat keadaan rumah berantakan, bahkan juga dapat menghambat rutinitas dan aktivitas seluruh penghuni rumah.

Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi masalah saluran air yang tersumbat ini.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa cara mengatasi saluran air yang tersumbat yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah.

Tanpa harus bingung mencari bantuan atau menggunakan jasa perbaikan saluran air. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

 

Cara Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat

Saluran air yang tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti karena mineral air, rambut, tisu atau bahkan sabun.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah saluran air tersumbat tidak perlu khawatir karena Anda bisa coba lakukan beberapa cara mengatasi saluran air yang tersumbat berikut ini.

 

Menggunakan Penyumbat Buatan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah penyumbatan adalah dengan menggunakan penyumbat buatan.

Pertama, pastikan air perlahan-lahan mengalir ke saluran pembuangan karena menghilangkan sumbatan akan lebih mudah dilakukan jika pipa dalam keadaan kering dan bebas dari air.

Setelah itu, ambil obeng untuk mengangkat penutup saluran. Gunakan lampu senter untuk melihat lubang saluran untuk mengetahui penyebab sumbatan yang terjadi.

Jika sumbatan disebabkan oleh rambut, tisu atau sabun Anda bisa mengambilnya dengan menggunakan jari atau kawat panjang buatan sendiri.

Jika benda yang menyumbat lebih besar, maka akan lebih baik jika Anda memanggil tukang ledeng atau jasa sedot WC yang juga menyediakan jasa perbaikan saluran air.

 

Menggunakan Alat Penghisap

Anda juga bisa menggunakan alat penghisap untuk mengatasi masalah sumbatan pada saluran air. Caranya adalah pastikan area yang ada di sekitar saluran terendam air atau tuangkan sedikit air di sekitarnya.

Setelah itu, tekan alat penghisap pada saluran kemudian gerakkan pegangan alat dengan gerakan naik turun 5 hingga 10 kali dan angkat alat penghisap.

Lihat bagian dalam saluran dengan menggunakan senter untuk mengetahui apakah ada benada yang dapat diambil dengan menggunakan kawat panjang. Untuk memastikan saluran tidak tersumbat lagi, Anda bisa coba mengalirkan air ke dalam saluran.

 

Menggunakan Soda Kue dan Cuka

Cara mengatasi saluran air yang tersumbat berikutnya yang dapat Anda coba lakukan adalah dengan menggunakan soda kue dan cuka.

Cara membersihkan sumbatan dengan pembersih alami buatan sendiri ini cukup efektif digunakan untuk menggantikan pembersih saluran yang menggunakan bahan kimia.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, pertama pastikan Anda menunggu pipa saluran air tidak basah atau berair. Setelah itu, tuangkan ¾ gelas soda kue dalam saluran.

Kemudian tuangkan ½ gelas cuka putih ke dalam saluran. Tutup saluran dengan menggunakan penutup karet kurang lebih 30 menit agar reaksi kimiawi terjadi dengan sangat baik untuk mengatasi dan menghilangkan sumbatan.

Angkat penutup saluran kemudian tuangkan air mendidih kurang lebih 2 hingga 3 gelas.

Buang sisa sumbatan dengan menggunakan kawat panjang dan gunakan lampu senter untuk melihat adanya sisa sumbatan. Anda bisa membuat kawat panjang sendiri dengan menggunakan gantungan baju yang terbuat darri kawat.

 

Menggunakan Jasa Saluran Air

Kalau Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, gunakan saja jasa saluran air dari CV Eco Mandiri. Bisa jadi solusi terbaik untuk Anda yang sedang mengalami saluran air mampet.

Jasa ini dikerjakan oleh orang-orang yang profesional dan ahli di bidangnya. Selain itu, ada garansi perbaikan jika hasil pengerjaan tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jasa saluran air mampet dari CV Eco Mandiri tak hanya melayani daerah Jombang saja, tetapi juga daerah-daerah lainnya di Jawa Timur seperti Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tulungagung, Jember, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Itu dia beberapa cara mengatasi saluran air yang tersumbat, untuk selanjutnya pastikan Anda melapisi saluran pembuangan dengan penutup yang berlubang untuk menghindari benda masuk ke saluran air. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Share

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call Now ButtonTelp : 081-332539707