Cara Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat Sendiri

Saat ini, cara mengatasi pipa saluran air tersumbat bisa dilakukan sendiri. Karena kita sudah bisa beli alat-alatnya di toko online maupun toko perabot rumah tangga seperti Ace Hardware.

Bahkan tanpa peralatan tambahan pun kita bisa mengatasi masalah ini untuk sementara. Walaupun pipa tetap harus dibersihkan atau dicari sumber masalahnya kalau sudah punya waktu luang.

Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara mengatasi pipa saluran air mampet sendiri di rumah/

Cara Mengatasi Pipa Saluran Air Tersumbat

Mengatasi pipa saluran Air tersumbat

Penyebab saluran air mampet ada banyak. Oleh karena itu cara mengatasinya pun harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Nah, berikut ini kita bagikan 4 cara paling efektif untuk mengatasinya berdasarkan penyebab paling umum.

Cek Filter Pipa

Cara pertama ini hanya bisa dilakukan kalau yang mampet adalah saluran air bersih. Caranya adalah dengan mengecek filter air pada pipa.

Setiap pipa air bersih selalu dilengkapi dengan filter. Fungsinya untuk menahan kotoran kecil seperti pasir, lumut, atau hewan yang terbawa dengan air dari dalam tanah.

Tapi kotoran yang menumpuk lama-lama akan menyumbat filter sampai tekanan air ke rumah jadi semakin kecil. Untuk mengatasinya kita hanya perlu melihat filter pipa yang biasanya ada di ujung lubang keluar atau lubang masuk air.

Filter ini sendiri bisa diganti dengan yang baru, diganti kapas filternya saja, atau cukup dibersihkan kotorannya.

Menggunakan Drain Auger

Kalau yang mampet adalah saluran air kotor, misalnya di pembuangan wastafel atau di lubang air kamar mandi, maka kita bisa pakai alat drain auger. Alat ini tersedia di toko online, toko material, atau supermarket khusus kebutuhan rumah tangga.

Cara menggunakan drain auger sangat mudah. Bahan yang digunakan pada alat ini mirip seperti kawat, tapi bisa digulung.

Kita hanya perlu memasukan drain auger ke dalam pipa, lalu didorong sampai menemukan sumbatannya. Kemudian dorong atau tarik sumbatannya agar terurai dan bisa disiram dengan air dari luar.

Gunakan Obat Pelancar Pipa

Sebelum menggunakan drain auger, kita juga bisa gunakan obat khusus pelancar pipa. Biasanya obat seperti ini juga dijual di toko material.

Obat pelancar pipa bekerja dengan cara menghancurkan atau melunakan sampah di dalam pipa yang menyumbat. Contohnya jika ada tumpukan tisu atau sisa makanan yang mengeras di dalam pipa wastafel, obat ini akan mengurai tumpukan sampahnya agar lebih mudah didorong oleh air atau drain auger itu tadi.

Tapi obat pelancar pipa ini juga punya efek samping.

Karena dibuat menggunakan bahan kimia, maka obat ini bisa merusak lingkungan dan tanaman di sekitar buangan air kotor rumah.

Gunakan Campuran Sabun Cuci Piring & Air Hangat

Pilihan alternatif yang lebih aman untuk lingkungan adalah menggunakan kombinasi sabun cuci piring dan air hangat. Walaupun sama-sama terbuat dari bahan kimia, sabun cuci piring tidak akan membahayakan lingkungan sampai membuat tanaman jadi layu.

Tapi cara ini juga tidak seefektif metode sebelumnya. Kita mungkin harus mengulang berkali-kali sampai sumbatan benar-benar hancur dan tidak muncul genangan pada wastafel atau kamar mandi lagi.

Dari 4 cara mengatasi pipa saluran air tersumbat di atas, mana yang menurut kalian paling mudah? Kita bisa lihat sendiri ada metode yang cepat tapi bisa membahayakan lingkungan, dan ada yang aman tapi butuh kesabaran dan tenaga ekstra.

Dan bagi Anda yang tidak memiliki waktu melakukannya sendiri, ada Eco Mandiri yang siap membantu Anda. Kami menyediakan layanan pembersihan pipa saluran mampet bergaransi dengan harga terjangkau.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://jasasedotwcjombang.com/